|

Single Blog Title

This is a single blog caption
6
Jul

Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah Terima kunjungan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) DPRD Provinsi Jawa Timur

 

Dialog Bersama Baperda Jatim

Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah menerima kunjungan badan pembentukan peraturan daerah (Baperda) DPRD Provinsi Jawa Timur pada Jumat (6/7) di Aula Cendrawasih. Kunjungan ini dalam rangka mencari masukan pembahasan Raperda Provinsi Jatim tentang Penguatan Toleransi Kebhinekaan terkait bentuk pengaturan kelembagaan, partisipasi masyarakat dan kearifan lokal dalam produk hukum daerah yang mengatur mengenai penguatan toleransi dan kebhinekaan.

Acara ini menghadirkan akademisi dari Unwahas Joko Prihatmoko sebagai moderator kegiatan ini.  Acara dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Pemprov Jateng Drs Achmad Rofai, M.Si. Dalam sambutannya Rofai menyampaikan rasa terima kasih karena Jawa Tengah dipercaya sebagai lokus kunjungan kerja Baperda Jatim.

“Kami menyampaikan rasa terimakasih telah dipercaya menjadi tujuan kunjungan kerja, kami terus meningkatkan peran Pemprov bersama lembaga lembaga keagamaan, ormas, LSM dan masyarakat untuk menjaga kebhinekaan yang ada di Jateng, semoga dapat menggali informasi strategis yang diperlukan,” jelasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan dan diskusi bersama perwakilan dari FKUB, FPBI dan Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah. Sekretaris FKUB Jateng Taslim Yahsan menjelaskan Provinsi Jawa Tengah jauh lebih awal membentuk gerakan muda (gema) FKUB Jateng untuk meningkatkan rasa toleransi dan kebhinekaan di Jawa Tengah dibandingkan dengan daerah lain.

“Kami mendorong betul toleransi, dialog, kegiatan langsung di lapangan dengan seluruh umat beragama di Jateng secara intensif untuk memperkuat rasa kebangsaan,” terangnya. Sedangkan perwakilan FPBI Pedro menambahkan secara umum kondisi Jawa Tengah aman serta kondusif karena ada kerjasama dari semua pihak

“Pesan saya untuk menjaga persatuan, mari mawas diri dimulai dari diri sendiri untuk menjaga persatuan bangsa”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.