|

Single Blog Title

This is a single blog caption
9
Feb

Sosialisasi Pilgub dan Pilkada Serentak Kesbangpol Putaran II, Ciptakan Suasana Pilgub dan Pilkada 2018 yang Becik Tur Nyenengke harus dimulai dari ASN

Kamis, 8 Januari 2018 Ciptakan Suasana Pilgub dan Pilkada 2018 yang Becik Tur Nyenengke dimulai dari ASN  Jawa Tengah (Jateng) pada tahun 2018 ini akan menyambut pesta demokrasi serentak, yakni pemilihan gubernur dan pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan di 7 kabupaten/kota. Dalam menghadapi masa politik ini Kesbangpol Prov Jateng bersinergi dengan jajaran aparat keamanan, Bawaslu, dan KPU agar menciptakan pemilu yang tertib, aman, dan damai.

Menjelang pilgub dan pilkada terus dilakukan sosialisasi oleh Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah dengan tema Melalui Profesionalisme dan Netralitas ASN Kita Sukseskan Pilgub dan Pilkada Tahun 2018 di Jawa Tengah. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Pesonna Pekalongan pada hari Kamis (8/2) dan dihadiri oleh Sekda Prov Jateng yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol Jateng, Camat se – eks Bakorwil III ditambah Kabupaten Wonosobo.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang profesionalisme dan netralitas ASN terkait dilaksanakannya pesta demokrasi serentak di Jateng. Sikap netralitas ASN tertuang dalam Pasal 2 huruf F Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun. Artinya ASN tidak boleh melakukan tindakan tindakan politis, mempengaruhi, dan terlibat kegiatan politik praktis atau berafiliasi dengan partai politik.

Kemudian terkait profesionalisme, ASN harus dapat mematuhi dan menjalankan tugas, pokok, fungsi dari UU yang sudah ditetapkan dan siap atas segala sanksi jika terbukti melakukan kesalahan. Proses pemberian sanksi terkait pelanggaran netralitas ASN pada Pilkada 2018 berbeda dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Dalam menjaga kondusifitas masa politik ASN juga dapat melakukan pengawasan baik sebelum, selama, dan saat pilgub dan pilkada 2018 melaporkan segala hal jika terjadi penyimpangan sosial. Turut menjaga kedamaian di tengah panasnya masa politik ini merupakan tantangan terbesar untuk seluruh aparat keamanan karena pada masa menjelang pilgub dan pilkada rawan terjadi konflik sosial bahkan yang berbahaya membawa isu SARA untuk kepentingan politis. Maka sebagai lembaga yang netral dan sering bersinggungan dengan masyarakat ASN juga harus ikut membantu menciptakan suasana yang kondusif. Hal ini merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi ASN adalah sebagai perekat dan pemersatu bangsa sebagaimana tertuang dalam UU No. 5 Tahun 2015 tentang ASN.

Harapan dari kegiatan ini adalah agar ASN dapat tetap menjaga kebersamaan dan tidak terpengaruh untuk melakukan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan salah satu pasangan calon, mematuhi ketentuan normatif dan terus menjaga komitmen dengan baik sebagai abdi negara dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi pilgub dan pilkada 2018 karena keberhasilan dan kemajuan negara dalam penyelenggaraan negara ditentukan oleh profesionalisme dari aparatur negaranya. Mari bersama-sama menciptakan Pilgub dan Pilkada 2018 di Jawa Tengah yang Becik Tur Nyenengke.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.