|

Single Blog Title

This is a single blog caption
28
May

Forkopimda Jateng Tolak Paham Radikalisme dan Terorisme di Jawa Tengah

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar acara Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada hari Jumat (25/5) di Gedung Gradhika Semarang, Jawa Tengah. Rapat Forkopimda kali ini mengambil tema “Peningkatan Kewaspadaan Dini Terhadap Ancaman dan Gangguan Terorisme serta Persiapan Idul Fitri 1439 H. Rapat ini dihadiri oleh anggota Forkopimda Prov Jateng yang terdiri dari pejabat Pemerintah Provinsi, DPRD Provinsi, TNI dan Polri, serta para pimpinan daerah (bupati /walikota, DPRD), Kemenkumham dan Kejaksaan serta tamu undangan lain se-Jawa Tengah.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko dalam sambutannya menekankan pentingnya rapat pimpinan di tingkat daerah untuk saling berkoordinasi terkait antisipasi terhadap ancaman terorisme dan juga membahas persiapan Jawa Tengah menyambut hari raya Idul Fitri. Heru juga menegaskan pentingnya meningkatkan kerja sama antara pemerintah daerah, TNI, Polri serta masyarakat untuk menjadi contoh di daerah dalam menyelesaikan permasalahan dari tingkat pemerintahan terbawah.

Kerjasama ini pada tahap awal diwujudkan Pemprov Jateng dengan acara penandatanganan MOU 3 lembaga (Pemprov Jateng-TNI-Polri) yang bertujuan sebagai pedoman untuk melaksanakan kerjasama dalam rangka memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat dan juga meningkatkan sinergisitas antar lembaga dalam menjaga kondusivitas wilayah Jawa Tengah.

Pada kesempatan yang sama seluruh peserta rapat juga membacakan Ikrar Penolakan Paham Radikalisme dan Terorisme di wilayah Jawa Tengah. Ikrar ini sebagai bentuk penegasan bahwa semua anggota Forkopimda menolak segala bentuk paham radikalisme-terorisme dan mengajak seluruh masyarakat Jateng untuk tidak mendukung segala bentuk propagandanya serta untuk selalu kompak bersama menjaga komitmen bangsa terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.
Acara rapat dilanjutkan dengan penyampaian materi rapat dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Sekretaris Daerah, Kapolda Jawa Tengah, Pangdam IV Diponegoro, Kabinda Jateng dan Kemenkunham. Untuk menjalin silaturahmi dengan seluruh peserta rapat Forkopimda ditutup dengan acara buka bersama.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.