|

Single Blog Title

This is a single blog caption
6
Mei

Gubernur Ganjar Pranowo Ajak Umat Islam Menjaga Lisan dan Perbuatan di Bulan Ramadhan

Sholat tarawih merupakan salah satu rangkaian ibadah yang dilakukan umat Islam di bulan Ramadhan. Sholat tarawih ini kedudukannya sama seperti sholat Qiyamul Lail/sholat malam. Hanya saja, demi mempermudah umat untuk melaksanakan ibadah, sholat tarawih dilaksanakan setelah sholat Isya. Dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan 1440 H, Badan Amalan Islam (BAI) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Sholat Tarawih Keliling (Tarling) Putaran Pertama di Wisma Perdamaian, Jln.   Imam Bonjol 209 Tugu Muda, Semarang, pada hari Senin (6/5/2019) yang lalu.

Hadir dalam sholat tarawih tersebut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Sekda Jawa Tengah, Sri Puryoto; Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko A Dahniel; Pangdam IV Diponegoro, Mayjend TNI Mohammad Efendi; Kepala Badan Kesbangpol Jawa Tengah, Achmad Rofai, serta pejabat tinggi provinsi Jawa Tengah dan tokoh masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar Pranowo berpesan bahwa berpuasa tidak cukup hanya menahan lapar dan haus semata, tapi juga harus sanggup menahan lisan dan perbuatan termasuk perkataan di media sosial. Ganjar juga mengajak jamaah tarling untuk meningkatkan amal ibadah di bulan yang suci ini.

Di sisi lain, Kakanwil Depag Jateng, H. Farnani sebagai pemberi tauziah mengajak jamaah tarling untuk senantiasa meningkatkan rasa syukur. Di Indonesia umat muslim hanya menjalankan puasa selama 13 jam saja. Sedangkan di negara lain seperti Kenya, Norwegia, Finlandia, serta Denmark, puasa berlangsung hingga 22 jam. Fanani juga mengingatkan bahwa semangat bulan Rmadhan adalah meningkatkan kerukunan dan menghindari caci maki maupun fitnah. Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan dan akan lebih bermanfaat jika diimbangi dengan melakukan ibadah secara tekun sesuai syariat agama.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.