|

Single Blog Title

This is a single blog caption
14
Aug

Hari Jadi Provinsi ke-67, Jawa Tengah Deklarasi Anti Radikalisme dan Terorisme

Semarang – Upacara peringatan Hari Jadi ke 67 Provinsi Jawa Tengah akan dilaksanakan pada  Selasa (15/8) di Simpanglima (Lapangan Pancasila) Semaran. Mulai pukul 06.30. jalan simpanglima akan ditutup. Masyarakat diharap mencari jalur alternatif lain di sekitar Simpanglima.

Semarang – Upacara peringatan Hari Jadi ke 67 Provinsi Jawa Tengah akan dilaksanakan pada  Selasa (15/8) di Simpanglima (Lapangan Pancasila) Semaran. Mulai pukul 06.30. jalan simpanglima akan ditutup. Masyarakat diharap mencari jalur alternatif lain di sekitar Simpanglima. Untuk sementara arus lalu lintas dialihkan melalui Jalan Sriwijaya, Jalan Veteran, kawasan Kampung Kali, Jalan Erlangga, Jalan Pandanaran II, dan sekitarnya. Penutupan kawasan Simpanglima juga akan dilakukan pada Upacara HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Kamis 17 Agustus. 

Upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah tahun ini seluruh peserta kembali mengenakan pakaian adat,. Pakaian yang digunakan kaum pria beskap Jawi Jangkep, lengkap dengan blangkon, keris, dan selop. Sedangkan para wanita mengenakan pakaian kebaya khas Jawa Tengah dengan kain jarik dan selop. Dalam upacara peringatan, Bapak Gubernur Ganjar Pranowo akan bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan Komandan Upacaya Sekda Kabupaten Sukoharjo. Upacara tahun ini juga akan disertai dengan Deklarasi Anti Radikalisme dan Terorisme, yang akan diikrarkan bersama MUI dan komponen Umat Beragama Jawa Tengah.

Berangkat dari keprihatinan atas munculnya gerakan radikalisme agama, radikalisme sekuler dan terorisme di Indonesia yang telah memperlemah kohesivitas masyarakat, serta semangat persatuan dan kesatuan yang menjadi kekuatan utama tegaknya NKRI, mulai terkoyak. Komponen Masyarakat Jawa Tengah yang Anti radikalisme Agama, Radikalisme Sekuler dan Terorisme mendeklarasikan sikap dan komitmennya untuk :

  1. Menyatakan taat, setia dan berkomitmen untuk menjaga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila, UUD 1945, serta kehidupan yang ber-Bhineka Tunggal Ika.
  2. Menolak paham radikalisme agama, radikalisme sekular dan terorisme hidup di bumi Jawa Tengah dan Indonesia pada umumnya.
  3. Menolak organisasi kemasyarakatan/politik dan separatisme yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 45 dan peraturan perundangundangan yang berlaku.
  4. Mengajak seluruh elemen masyarakat Jawa Tengah untuk mengantisipasi, menjauhi dan serentak mencegah penyebaran paham atau gerakan radikalisme agama, radikalisme sekuler dan terorisme atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 45.
  5. Bertekad membentuk generasi muda berjiwa nasionalis yang kuat, demokratis, jujur, berkeadilan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, etika akademik, kemajemukan, kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa yang berwawasan nusantara.

Deklarasi ini adalah wujud komitmen Jawa Tengah untuk membentengi wilayah dari ancaman terorisme dan radikalisme, sekaligus meneguhkan komitmen Jawa Tengah untuk senantiasa menjadi Benteng Pancasila.

 

Pesta Rakyat Jepara

Sebagai rangkaian dari peringatan hari jadi, juga akan diselenggarakan pesta rakyat di Kabupaten Jepara, mulai 24-27 Agustus mendatang. Beragam acara digelar di Alun-alun Jepara, mulai dari Pameran Produk Kriya Dekranasda, UMKM Food Festival dan Kuliner, Pameran Peningkatan Produk Industri Agro, Pojok Konsultasi Bisnis, Parade Band, Lomba Nyanyi, Lomba Fotografi, Pameran Digital Kreatif Media, Festival Olahraga Rekreasi Daerah.

Tanggal 24 Agustus juga diselenggarakan Jateng Bersalawat di Lapangan Mrican Mulyo Harjo Jepara. 25 Agustus malam akan diadakan Pertunjukan Seni Budaya Jawa Tengah yang diikuti seluruh kabupaten dan kota. Tanggal 26 Agustus akan dilangsungkan Pesta Obor, Dekranasda Carnival, Gowes Jelajah Jepara, Lomba Menggambar dan Mewarnai untuk Disabilitas, Festival Jajanan Pesisir, Ketoprak Kontemporer, Penjualan Sembako Murah dan Bumi Kartini Night Run.

Kemeriahan Hari Jadi Jawa Tengah tanggal 27 Agustus diisi Festival Thongtek Jepara, Senam Pagi, Jalan Sehat, Lomba Menggambar dan Mewarnai, Orkes Melayu Ersa Musik, serta Penutupan Pesta Rakyat dengan menghadirkan grup band Shaggydog.

Selamat Hari Jadi ke 67 Provinsi Jawa Tengah. Jateng Responsif, Kompetitif, Inovatif dan Kreatif, menuju Jawa Tengah yang sejahtera dan berdikari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.