|

Single Blog Title

This is a single blog caption
30
Apr

Kesbangpol Jateng Gelar Sosialisasi Anti Narkoba di Kebumen

Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Kantor Kesbangpol Kebumen dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Propinsi Jawa Tengah menyelenggarakan dialog dan  sosialisasi tentang P4GN di Hotel Mexolie Kebumen, Selasa (30/4). Dialog dan sosialisasi ini diikuti 60-an peserta terdiri dari generasi milenial, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

dengan narasumber Kepala Bidang Ketahanan Bangsa Badan Kesbangpol Propinsi Jawa Tengah, Siswadi Suryanto SH, M.Hum, Warjan S.Pd, SH, MM dari Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) Kabupaten Kebumen serta Kepala Kantor Kesbangpol Kebumen Nurtaqwa Setiabudi, SH yang dimoderatori oleh Pratikno S.Sos.

Kegiatan dibuka oleh Kepala bidang ketahanan bangsa Bapak Siswadi Suryanto. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa  sesuai data tahun 2018 dari BNN Propinsi Jawa Tengah prevalensi pengguna narkoba di Jawa Tengah mencapai 397.416 orang atau 1,16% dari total populasi penduduk yang mencapai sekitar 34,26 juta jiwa. Rata-rata dari pengguna narkoba merupakan kalangan usia produktif atau pemuda yang jumlahnya mencapai 50%.

“Kita harus stop narkoba di Jawa Tengah. Narkoba ancaman serius bagi bangsa dan lingkungan sekitar kita yang berdampak pada kerawanan sosial, ekonomi, politik, budaya dan keamanan yang berimbas mudah terjadinya kemerosotan nilai-nilai karakter bangsa,” ungkap Siswadi. Siswadi meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba agar kehidupan di bidang poleksosbud hankam berlangsung kondusif.

“Upaya pemberantasan narkoba ini untuk mewujudkan karakter bangsa yang kuat dan keberlangsungan hajat hidup orang banyak dari generasi ke generasi. Kita masyarakat Jawa Tengah harus berkomitmen untuk mewujudkan Indonesia Negeri Bebas Narkoba sebagaimana tertuang dalam UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika serta Permendagri No.21 Tahun 2013 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika dan Aksi P4GN Propinsi Jawa Tengah tahun 2016-2020,” ujar Siswadi.

Pada kesempatan yang sama, narasumber dari Granat Kebumen, Warjan S.Pd, SH, MM mengatakan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa harus Anti Narkoba. “Generasi muda harus membentuk kelompok maupun komunitas anti narkoba. Lakukan sosialisasi melalui kelompok atau komunitas di lingkungan sekitar. Ini salah satu cara generasi muda untuk memberantas peredaran maupun pengguna narkoba”.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.