|

Single Blog Title

This is a single blog caption
16
May

Kesbangpol Jawa Tengah Gelar Sosialisasi Permendagri Nomor 2 Tahun 2018

 

Badan Kesatuan bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Permendagri nomor 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. Kegiatan diadakan di Hotel HA-KA Semarang  pada tanggal 7 Mei 2018.

Dalam kegiatan yang dihadiri peserta dari Kesbangpol Kab/ Kota se Jateng ini mendatangkan narasumber Kasi Kewaspadaan Dini pada Subdit Kewaspadaan Dini dan Kerjasama Intelkam Dit. Kewaspadaan National Ditjen Polpum Kementerian Dalam Negeri, Yunidar, M. Si,, BIN daerah Jawa Tengah dan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah.

Dalam paparannya, Yunidar menyampaikan pentingya sosialisasi Permendagri No 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. Alasannya karena terjadinya perubahan paradigma di mana semula pemda melalui Kesbangpol sebagai pengguna/penerima info dari satuan intel terkait kondisi di daerah, sekarang menjadi pemasok info intel terkait sikon daerah. Untuk mendukung posisi Kesbangpol sebagai anggota Kominda untuk memberikan info terkait kondisi  daerah maka diperlukan membentuk tim/satuan tugas internal pemda yaitu Tim Kewaspadaan Dini.

“Lahirnya UU Nomor 17 tahun 2011 tentang Intelijen Negara serta Perpres No 67 tahun 2013 tetang Koordinasi Intelijen Negara dan Perkabin Nomor 01 tahun 2014 bermakna seluruh kegiatan intelijen dikoordinasikan oleh Bin/Binda,” ujar Yunidar.

Kegiatan Sosialisasi yang dibuka oleh Plh.Ka Badan Kesbangpol Prov. Jateng, Ibnu Kuncoro,SE,MM ini menghasilkan beberapa keputusan penting.

Pertama, Kominda di Kab/Kota tetap menjalankan kegiatannya sampai dengan 31 Desember 2018.

Kedua, mulai 1 Januari 2019 Koordinasi Kominda Kab/Kota diambil-alih oleh Korwil Binda Jateng di daerah eks karesidenan.

Ketiga, Badan Kesbangpol Kab/kota membentuk Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah dg unsur internal OPD masing masing daerah.

Keempat, memfasilitasi Restrukturisasi FKDM di Tingkat Provinsi Kab/Kota dan Kecamatan.

Kelima, akan ada Proteksi dr Kemendagri untuk anggota Badan Kesbangpol yg sdh mlkkn diklat intelijen agar tdk di mutasi dan akan ada Jabatan Fungsional Umum Intelijen.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.