|

Single Blog Title

This is a single blog caption
9
Aug

Kesbangpol Jateng Dorong Kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat Dalam Penyelesaian Konflik

Perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda di wilayah Kabupaten Grobogan mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat Sipil Dalam Rangka Penyelesaian Konflik Sosial yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah. Acara ini diselenggarakan pada hari Rabu (8/8) di Hotel Kyriad Grand Master, Kab. Grobogan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah Drs. Achmad Rofai, M.Si. Dalam sambutannya ia menjelaskan bahwa sebagian besar daerah masih mempunyai resiko dan berpotensi konflik. Sejumlah potensi konflik dan bentuk gangguan sosial di daerah mulai dari konflik agama, konflik ekonomi, konflik kepentingan politik sampai ancaman teror yang menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Konflik yang terjadi antara masyarakat salah satunya dikarenakan adanya ketidakpastian jaminan penyelesaian dan pengaturannya. Oleh karena itu sebagai pemerintah, Kesbangpol berkepentingan untuk mendorong para pihak termasuk Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memberikan jaminan kepastian hukum dan penyelesaian masalah yang muncul,”paparnya.

Rofai juga menghimbau agar semua elemen masyarakat terus memelihara kedamaian dalam masyarakat, bekerja sama untuk terus menciptakan suasana aman dengan melaporkan sesegera mungkin setiap persoalan yang muncul agar dapat ditangani hingga tuntas.

Plt. Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kab. Grobogan sebagai narasumber juga menjelaskan bagaimana peran pemda dalam pencegahan dan penanganan konflik sosial. Peserta diberikan pemahaman tentang pengendalian konflik agar tidak meluas. Kegiatan ini ditutup dengan pemaparan materi dari UNDIP M. Yulianto, S.Sos, M.Si dengan judul Teknis Komunikasi dan Koordinasi dalam Penanganan dan Penyelesaian Konflik di Wilayah Jawa Tengah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.