|

Single Blog Title

This is a single blog caption
10
Aug

Mari Memperingati Hari Veteran Nasional 10 Agustus 2018

Masihkah ingat Pesan Bung Karno “Bangsa yang besar adalah bangsa yang yang menghormati jasa para pahlawannya”. Apakah kita masih ingat hari ini Hari Veteran Nasional? Pasti banyak yang melupakan nya atau bahkan tidak tahu.

Apa sih Veteran itu? 

Veteran ialah orang yang pernah memiliki pengalaman di bidang militer ataupun penegakan hukum.
Veteran adalah para patriot bangsa yang dulu nya dengan tulus dan ikhlas memperjuangkan bangsa indonesia dengan mengorbankan diri nya sendiri .

Perlu diketahui, dalam’Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1967, negara perlu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi maupun kelaskaran dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Hari ini, Rabu, segenap rakyat Indonesia memperingati Hari Veteran Nasional. Berbagai cara dilakukan demi mengenang jasa para pejuang yang telah bersusah payah untuk Tanah Air. Para veteran dan masyarakat umum banyak yang berziarah ke Taman Makam Pahlawan. Hal itu dilakukan demi mendoakan para veteran pejuang yang telah gugur demi nusa dan bangsa.

Netizen beramai-ramai menuliskan berbagai postingan baik gambar maupun komentar untuk mengenang jasa para veteran Indonesia. Bahkan “Selamat Hari Veteran Nasional” banyak menjadi quote dan pesan pendek di akun social media.

Peringatan Hari Veteran Nasional menyedot perhatian pengguna social media. Mereka pun ramai berkomentar. Netizen dengan akun @Jonaloa, menulis, Pahlawan yg setia itu berkorban, bkn buat dikenal namanya, tp membela cita-cita (Mohammad Hatta).   mengutip sebuah inspirasi dari Bung Hatta di Hari Veteran Nasional ini.

Setiap tanggal 10 Agustus selalu diperingati sebagai Hari Veteran Nasional. Mengapa demikian? Karena pada hari itu, tepat tanggal 10 Agustus 1949 disepakatinya persetujuan gencatan senjata antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Kerajaan Belanda yang berlaku mulai tanggal hari itu pukul 24.00 WIB.

Kronologisnya, dalam suasana lapangan masih panas dan setiap hari pertempuran belum juga berhenti, mendadak pada tanggal 3 Agustus 1949 Panglima Besar Letnan Jenderal Soedirman mengirim sebuah radiogram:

Berdasar persetujuan Pemerintah Republik dan Pemerintah Kerajaan Belanda, maka Presiden/Panglima Tertinggi memerintahkan gencatan senjata akan berlangsung di Jawa sejak tanggal 11 Agustus, sedangkan di Sumatera 15 Agustus 1949.

Radiogram Panglima Besar yang secara tersirat memastikan mengenai jadual gencatan senjata dinilai sebagai keharusan untuk berpacu dengan waktu. Pukul 10.00 WIB tanggal 8 Agustus 1949 dikeluarkan Perintah Siasat No.012/Co.PPS/49. Segera laksanakan afscheids aanval (serangan perpisahan) ke Kota Solo secara besar-besaran.

Perintah Slamet Rijadi menetapkan, Pukul 05.00 WIB tanggal 10 Agustus seluruh pasukan sudah harus berada di dalam kota. Pukul 06.00 serangan dimulai. Pukul 16.00 selesai. Pukul 24.00 semua pertempuran sudah harus berhenti, tidak ada lagi gerakan militer agar bisa memenuhi instruksi Panglima Tertinggi. Berdasarkan hal itu, maka setiap tanggal 10 Agustus diperingati sebagai Hari Veteran Nasional.

Selamat Hari Veteran Nasional bagi para Veteran negeri ini.  Jasamu akan terus kami kenang. Semangatmu akan kami jadikan semangat kami dalam membangun masa depan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.