|

Single Blog Title

This is a single blog caption
23
May

Merapi Kembali Erupsi

Ditetapkan status Waspada, BPPTKG terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas Gunung Merapi, terpantau saat ini Merapi kembali satu kali Erupsi Freatik Rabu, 23 Mei 2018 pukul 03.31.

Menurut info dari akun twitter PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Miniral @BPPTKG Letusan teramati dari Pos Pengamanan Merapi Jrakah dan Kaliurang ini berdurasi 4 menit ketinggian 2000 m dengan kolom letusan arah baratdaya.

Visual dari kamera thermal dan CCTV kawah merapi saat letusan tertutup kabut tebal. Cuaca saat ini dari Sta.Pasar Bubar Merapi angin bertiup sedang hingga kencang ke baratdaya (Kabupaten Magelang).

Dampak yang ditimbulkan dari letusan freatik ini adalah Hujan Abu di wilayah Kabupaten Magelang terutama di wilayah KRB II dan KRB III (Desa Keringan, Sumber, Dukun, Kalibening) dengan jangkauan abu 25 km (sampai wilayah Borobudur) sesuai dengan informasi dari BPPD kabupaten Magelang dan Pos PGM Ngepos.

Penduduk yang tinggal dan beraktivitas diluar radius 3 km dapat terdampak abu letusan namun tidak membahayakan jiwa, masyarakat yang beraktivitas diluar ruangan dihimbau menggunakan masker.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.