|

Single Blog Title

This is a single blog caption
31
May

Pengajian rutin Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah : Filosofi dan Makna Nuzul Qur’an

Pengajian rutin Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah pada Rabu (30/5) di Aula Cendrawasih kembali diadakan pada minggu kedua bulan Ramadhan. Pengajian kali ini mengangkat tema Filosofi dan Makna Nuzulul Qur’an yang diisi oleh ustadz KH.Nawawi, SAg., MAg sebagai penceramah dan dihadiri oleh 80 jamaah staff/ karyawan Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah.

Dalam pengajiannya, Ustadz Nawawi menyebutkan ada 4 piranti untuk dekatnya pada Allah diturunkannya Al-Qur’an antara lain konsep Tilawah yakni tadarus Al-Qur’an, konsep Tazkiah yakni mensucikan Al-Qur’an dengan cara jika akan membaca, mensucikan diri terlebih dahulu, konsep Tarjamah yakni mengkaji isi Al-Qur’an dengan ayat-ayatnya agar memahami yang kemudian menjadi konsep yang terakhir, konsep Hikmah yakni menerapkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Lalu, bagaimana mengkaji Al-Qur’an dengan benar? Pertama, carilah Guru yang mumpuni. Kedua, refrensi Kitab, misalnya membaca tafsir Al-Qur’an.” Jelasnya. Ustadz Nawawi mengingatkan para jamaah agar membaca kitab tafsir Al-Qur’an yang resmi dari Kementrian Agama karena sudah pasti kesakihannya agar tidak salah tafsir dan menjerumuskan.

“Dalam Islam tidak diajarkan radikalisme dan terorisme hanya orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menyalahartikan tafsir Al-Qur’an, maka itu belajarlah dengan tafsir yang benar yang sudah resmi dan diakui Negara itu lebih baik.” Tegasnya. Acara pengajian dilanjutkan dengan tanya jawab dan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Nawawi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.