|

Single Blog Title

This is a single blog caption
12
Aug

PENGUATAN HARMONISASI DAN KERUKUNAN ANTAR ETNIS SERTA AKULTURASI BUDAYA

Kegitan Fasilitasi Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia (FPBI) Provinsi Jawa Tengah dalam rangka Pengutan Harmonisasi dan Kerukunan antar Etnis serta Akulturasi Budaya yang di laksanakan di Hotel Riyadi, Kota Surakarta (8-9/8/2019).

Dibuka langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah yang dalam sambutannya disampaikan hal-hal sebagai berikut :

Kegiatan ini memiliki nilai untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kebersamaan, solidaritas sosial tanpa memandang etnis dan golongan, menyuburkan proses pembauran untuk memantapkan persatuan dan kesatuan antar seluruh elemen bangsa. Merupakan negara kepulauan dengan berbagai macam suku dan budayanya yang masing-masing memiliki adatistiadat, agama, dan kepercayaan berbeda-beda sehingga memiliki untuk terjadinya konflik.

Berdasarkan Permendagri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman pembauran kebangsaan di daerah yang dalam pasal 1 ayat 1 disebutkan bahwa pembauran kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, mealui interaksi dalam bidang bahasa, adatistiadat, senibudaya, pendiikan, dan perekonomian untuk mewujudkan Kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku, dan etnis masing-masing dalam kerangka Negara kesatuan Indonesia. Selanjutnya dalam pasal 1 yat 4 disebutkan bahwa Forum Pembaurna Kebangsaan yang disingkat FPK adalah wadah inforamasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara, dan mengembangkan pembauran bangsa.

Seperti yang kita ketahui Jawa tengah dibentuk FPBI yang selama ini tugas dan fungsinya membantu pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut belum sesuai dengan regulasi yang ada, karena tidak sesuai dengan nama yang sudah ditentukan yaitu Forum Pembauran Kebangsaan. Untuk itu perlu kita pertimbangkan merubah nama forum ini dari FPBI menjadi FPK.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.