MUI Jawa Tengah Gelar FGD Tentang Ukhuwah Kebangsaan

Semarang – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Tengah menggelar Focus Group Discussioan (FGD) Tentang Merajut Ukhuwah dalam Bingkai Kebangsaan, di Aula Cendrawasih, Kantor Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Rabu, 24 Agustus 2022.
Ketua MUI Jateng Dr. K.H. Ahmad Darodji, M.Si. mengatakan bahwa kegiatan FGD tentang ukhuwah penting untuk mengingatkan kelebihan bangsa Indonesia yang begitu besar dan beragam. Indonesia mempunyai berbagai suku bangsa, bahasa. Besarnya potensinya itu tentunya berpotensi atau rentan terjadi konflik. Sehingga, ukhuwah kebangsaan perlu terus dingatkan kepada seluruh warga, agar tercipta kedamaian.


“MUI mempunyai komitmen ukhuwah kebangsaan. Bangsa kita ini diri berbagai suku bangsa, dengan beragam bahasa. Kami berterima kasih karena kegiatan ini telah difasilitasi,” kata Kiai Darodji, menyampaikan sambutan. Karena kondisi yang beragam ini, pengelolaan kemajemukan adalah hal yang wajib dilakukan. Pengelolaan kemajemukan diperlukan untuk menjamin kedamaian dan ketertiban.

Peran untuk mencipta kedamaian tugas bersama. Pemerintah, kata dia, telah menyiapkan segala infrastuktur dan pembiayaan untuk menciptakan kedamaian. Ia mencontohkan, misalnya dalam hal mudik, haji, dan sebagianya, pemerintah menyiapkan fasilitasi agar kegiatan-kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan lancar. Bahkan, peringatan-peringatan dalam agama banyak difasilitasi oleh pemerintah.


Pemerintah, sambungnya, tentunya ingin tercipta suatu kondisi masyarakat yang damai, lancar serta tertib. “Kondisi Indonesia yang majemuk ini punya potensi besar terjadinya konflik. Maka, segala usaha dibiayai untuk menjaga agar tidak terjadi konflik,” tambahnya.
“Menjaga persatuan bangsa harus selalu diusahakan agar tidak ada friksi, pertentangan atau bencana di antara para elemen bangsa. Ini sesuai perintah al-Qur’an Surat Al Hujarat 13,” tandasnya. Ia menjelaskan bawha perintah dalam agama, yaitu lita’arafu bukan hanya bermakna saling mengenali, tapi lita’arafu dapat dimaknai dengan saling mengisi, saling bekerjasama, saling membantu dan lainnya.


Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Ketua Dewan Pertimbangan MUI Provinsi Jawa Tengah, Drs. KH. Ali Mufiz, MPA., Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah, KH. Ubaidillah Shodaqoh, SH dan Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Dr. KH. Tafsir M.Ag. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum MUI Provinsi Jawa Tengah, Kyai Darodji. Kegiatan ini diikuti oleh pengurus MUI Jawa Tengah, utusan MUI Kabupaten/Kota Eks Karesidenan Semarang serta para undangan lain.

Kontak Kami

Alamat Kami

Jl. Ahmad Yani No. 160 Kota Semarang, Jawa Tengah

Email Kami

info@kesbangpol.jatengprov.go.id

Kontak Kami

Telp:024-8454990
SMS:089690923824