PEMPROV JATENG SERAHKAN BANTUAN KEUANGAN PARTAI POLITIK TAHUN 2022

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama 9 pimpinan partai politik menandatangani berita acara serah terima bantuan keuangan partai politik bersumber dari APBD yang dikasanakan di ruang rapat A2 pada Kamis (2/6).

9 partai politik yang berhak mendapatkan bantuan keuangan adalah partai politik yang memiliki kursi di DPRD Provinsi Jawa Tengah hasil pemilu tahun 2019 yaitu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Partai Golongan Karya (GOLKAR), Partai Nasional Demokrat (NASDEM), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat (DEMOKRAT).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan bahwa bantuan keuangan diperlukan mengingat fungsi partai politik sebagai menyerap, menghimpun dan menyampaikan aspirasi masyarakat dan sumber rekrutmen kader. Ia juga berharap bahwa bantuan keuangan partai politik ini dapat bermanfaat bagi partai dalam pengembangan kader kader partai yang dapat menyerap aspirasi mayarakat.

“Semoga dengan bantuan keuangan ini partai-partai politik bisa menggunakan anggaran dengan seluruh program yang sudah dibuat yang pastinya dengan harapan masyarakat datang kepada partai untuk menyalurkan aspirasi yang tentu saja dapat diteruskan kepada kader baik yang ada di parlemen, DPR, maupun di eksekutif” tuturnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah, Haerudin, menjelaskan bahwa rincian total bantuan keuangan partai politik bersumber dari APBD sebesar Rp20,36 Miliyar dengan hitungan per 1 suara yang diperoleh oleh partai politik sebesar Rp1.200. Haerudin menyampaikan bahwa penggunaan bantuan keuangan partai politik ini mengikuti peraturan Menteri dalam negeri dan SK Gubernur.

“Tujuan diberikan bantuan partai politik sesuai dengan undang undang adalah untuk membantu partai dalam memberikan pendidikan politik sebesar 60?n 40% digunakan untuk melakukan strategi yang dimiliki oleh partai” tandasnya.

Kontak Kami

Alamat Kami

Jl. Ahmad Yani No. 160 Kota Semarang, Jawa Tengah

Email Kami

info@kesbangpol.jatengprov.go.id

Kontak Kami

Telp:024-8454990
SMS:089690923824