|

Single Blog Title

This is a single blog caption
11
Okt

Rapat Koordinasi Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya Dalam Rangka Pemulihan COVID-19

Foto : PPID Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah

SEMARANG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Prov. Jateng menyelenggarakan Rapat Koordinasi Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya Dalam Rangka Pemulihan COVID-19, Senin (11/10). Dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Prov. Jateng Haerudin yang dihadiri oleh Kepala Kesbangpol se-Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan guna Peningkatan kondisi ketahanan bangsa dengan meningkatkan kapasitas dan fasilitas masyarakat di bidang ketahanan ekonomi, sosial dan budaya pasca pandemi COVID-19 sebagai pendorong dan pendukung pertumbuhan dan stabilitas kehidupan ekonomi masyarakat yang sehat dan dinamis.

“Di Jawa Tengah terdapat 125 wilayah yang termasuk Kemiskinan Ekstrim yang terdapat pada 5 Kabupaten yaitu terbanyak Kab. Pemalang, Brebes, Banyumas, Banjarnegara dan Kebumen. Disebut kemiskinan ekstrim karena memiliki indikator : tingkat pendidikan rendah (banyak yang hanya lulusan SD), listrik belum ada dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) masih banyak.” Ujar Haerudin dalam sambutannya.

Dalam pertemuan tersebut tidak hanya membahas upaya-upaya pemulihan COVID-19, tetapi juga membahas penguatan sinergitas antara Kesbangpol Kabupaten/Kota dengan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah. Di Jawa Tengah baru ada 8 Pemerintah daerah yang memiliki Perda Fasilitasi P4GN, Pemda Prov. Jateng, Kota Magelang, Kab. Semarang, Kab. Pati, Kab. Banyumas, Kab. Blora, Kab. Kudus dan Kota Pekalongan. Kami siap mendukung sebagai wujud perang terhadap narkotika. Mari kita bekerjasama dan memprioritaskan mempersiapkan Peta Daerah Rawan. Tak lupa juga, mengenai Kelembagaan kesbangpol di kabupaten/kota masih ada yang belum berbentuk badan, Badan Kesbangpol Prov. Jateng siap membantu sesuai dengan peraturan yang ada.

Sedangkan untuk bidang Politik dalam Negeri ditahun 2024 akan menghadapi Pilkada bersama, namun seperti yang diketahui struktur budaya politik dalam masyarakat belum tertata baik. Ada 4 isu strategis pada bidang Poldagri yaitu IDI (Indeks Demokrasi Indonesia), Pilkada, Bantuan Politik dan Pendidikan Politik. Abu Bakar perwakilan dari Kesbangpol Kabupaten Kudus menyampaikan mohon dukungan secara tertulis agar kelembagaan di Kesbangpol Kab. Kudus menjadi Badan serta Permohonan pembuatan tempat ibadah semakin banyak beserta SOP pelaksanaannya. Adapun harapannya dengan adanya rakor ini menambah kedekatan dalam berkomunikasi melalui kajian strategi di Jawa Tengah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.