|

Single Blog Title

This is a single blog caption
11
Dec

Review Rakor IDI : IDI Jateng 2017 Meningkat

Rapat Koordinasi Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) digelar di Aula Cendrawasih Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah dihadiri oleh narasumber Kepala BPS Jawa Tengah, Bp.Sentot Bangun Widoyono, M.A. dan Drs. Teguh Yuwono.

Rakor dibuka oleh Sekretaris Daerah dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Bidang Dalam Negeri Bp. Ibnu Kuncoro, S.E, MM dan diikuti oleh Pokja IDI Jawa Tengah dan Kepala Kesbangpol se-Jawa Tengah.

Dalam pembacaan sambutan Bp. Sekda, bahwa IDI merupakan alat ukur untuk perkembangan demokrasi agar dapat lebih baik dari waktu ke waktu.

“Dari Data BPS telah menunjukan peningkatan dari tahun ke tahun, seperti pada tahun 2017, mencapai 70,85%. Capaian tersebut meningkat dibandingkan pada tahun 2016 yang hanya 66,71%” tegas Ibnu.

IDI adalah indikator komposit yang menunjukkan tingkat perkembangan demokrasi di Indonesia. Tingkat capaiannya diukur berdasarkan pelaksanaan dan perkembangan tiga aspek demokrasi, yaitu Kebebasan Sipil (Civil Liberty), Hak-Hak Politik (Political Rights), dan Lembaga-Lembaga Demokrasi (Institution of Democracy).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.